Senin, 04 Juni 2012

PASSENGER

Passenger (penumpang)
1.      Ukuran kepala janin
Karena ukuran dan sifatnya yang relatif kaku, kepala janin sangat mempengaruhi proses persalinan. Tengkorak janin terdiri dari 2 tulang parietal, 2 tulang temporal, 1 tulang frontal dan 1 tulang oksipital. Tulang-tulang ini disatukan oleh sutura membranosa. Rongga yang berisi membran ini disebut fontanel, terletak di tempat pertemuan sutura-sutura tersebut. Dalam persalinan, setelah selaput ketuban pecah, pada pemeriksaan dalam sutura dipalpasiuntuk menentukan presentasi, posisi dan sikap janin.
Dua fontanel yang paling penting adalah fontanel anterior dan posterior. Fontanel yang lebih besar yakni fontanel anterior, berbentuk seperti intan. Fontanel posterior terletak di pertemuan sutura dua tulang parietal dan satu tulang oksipital dan berbentuk segitiga.
Sutura dan fontanel ini membuat tengkorak fleksibel, sehingga dapat menyesuaikan dengan otak bayi, yang beberapa lama setelah lahir terus tumbuh. Akan tetapi, karena belum menyatu dengan kuat, tulang-tulang ini dapat saling tumpang tindih. Hal ini disebut molase, struktur kepala yang terbentuk selama persalinan.
2.      Presentasi janin
Presentasi adalah bagian janin yang pertama kali memasuki pintu atas panggul dan terus melalui jalan lahir saat persalinan mencapai aterm. Tiga presentasi yang utama ialah kepala (96%), sungsang/bokong (3%), dan bahu (1%).
3.      Letak janin
Letak janin adalah hubungan antara sumbu panjang (punggung) janin terhadap sumbu panjang (punggung) ibu. Ada 2 macam letak, yaitu memanjang atau vertikal dan melintang atau horizontal.
4.      Sikap janin
Sikap adalah hubungan bagian tubuh yang satu dengan bagian tubuh yang lain. Pada kondisi normal, punggung janin sangat fleksi, kepala fleksi ke arah dada, dan paha fleksi ke arah sendi lutut. Sikap ini disebut fleksi umum.
5.      Posisi janin
Posisi ialah hubungan antara bagian presentasi (oksiput, sakrum,skapula bahu, sinsiput, mentum/dagu) terhadap empat kuadran panggul ibu.
6.      Passage (jalan lahir)
Jalan lahir terdiri dari panggul ibu, yakni bagian tulang yang padat, dasar panggul, vagina dan introitus. Empat jenis panggul dasar dikelompokkan sebagai :
·         Ginekoid
·         Android
·         Antropoid
·         Platipeloid

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates